Ternyata Online Shop, Marketplace dan e-Commerce Berbeda, lho!

By February 26, 2018Artikel
Ternyata-Online-Shop,-Marketplace-dan-e-Commerce-Berbeda,-lho

Transaksi belanja online semakin marak di kalangan masyarakat sekarang ini. Tentunya istilah-istilah seperti Online Shop, e-Commerce dan Marketplace sudah tidak lagi asing di telinga kita. Akan tetapi, mungkin sebagian dari kita tidak terlalu memahami maksud sebenarnya dari ketiga istilah tersebut. Bahkan mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa e-Commerce dan online shop adalah sama. Namun dalam perspektif bisnis online, ketiga istilah ini ternyata berbeda. Apa perbedaannya?

Online Shop
Sebagian orang mungkin masih berpikir bahwa segala barang atau jasa yang dijual dan dipasarkan secara online berarti ditawarkan melalui online shop. Tapi jangan keliru, ternyata online shop atau toko online merupakan sistem belanja online di mana penjual yang menawarkan barang ataupun jasanya berkomunikasi secara langsung dengan pembeli. Sekarang ini banyak online shop yang dapat kita temui di social media, seperti instagram ataupun facebook. Biasanya para pemilik online shop memiliki sebuah akun di instagram untuk mempromosikan barang dagangannya, ketika ada konsumen yang tertarik dengan barang jualan mereka, maka konsumen tersebut akan langsung menghubungi si penjual melalui kontak yang telah disediakan.

Nah, kalau Kamu pernah memesan casing handphone, tas, jilbab, baju, pada penjual yang memasarkan barangnya di instagram ataupun facebook, berarti kamu bertransaksi melalui online shop.

Marketplace
Pasti sekarang sudah tidak asing lagi ditelinga kita aplikasi Bukalapak, Tokopedia, OLX ataupun Lazada. Yup, itulah beberapa contoh dari marketplace. Marketplace merupakan dimana sebuah website menjadi perantara antara penjual dan pembeli.

alam arti lain, marketplace adalah situs yang menghimpun beberapa online shop. Jadi, jika membuka suatu situs marketplace, kita selaku pembeli akan menemukan banyak penjual yang menawarkan suatu produk yang kita inginkan. Setiap penjual mencantumkan penjelasan dan juga harga barang yang mereka tawarkan. Marketplace memudahkan Kamu untuk melakukan perbandingan harga pada suatu produk yang sama. Misalnya Kamu membuka situs suatu marketplace dan menuliskan “liptint Tonymoly” pada kolom pencarian di situs tersebut, maka Kamu akan menemukan beberapa pilihan liptint Tonymoly yang dijual oleh berbagai online shop dengan harga yang berbeda-beda.  

Selain itu, sistem pembayaran pada marketplace juga berbeda. Pembeli tidak membayarkan langsung ke rekening penjual, melainkan ke rekening marketplace yang bersangkutan. Oleh karena itu, marketplace memberikan fasilitas transaksi keuangan secara online.

e-Commerce
Berbeda dengan Marketplace yang menaungi banyak online shop, e-Commerce hanya menjual produk yang berasal dari website itu sendiri. Di dalam e-Commerce tidak terdapat toko-toko online yang kita temui di marketplace. Sehingga ketika Kamu akan berbelanja di suatu situs e-Commerce, Kamu tidak dapat bertanya mengenai produk yang akan kamu beli. Kamu hanya dapat memilih barang yang telah tersedia di website dan melakukan transfer sesuai dengan harga yang sudah tercantum. Kalau kamu pernah berbelanja di situs Zalora atau Berrybenka, maka kamu bertransaksi menggunakan sistem e-Commerce.

Itulah perbedaan dari Online Shop, Marketplace dan e-Commerce. Jadi jangan keliru lagi dengan ketiga istilah tersebut, ya.

Leave a Reply

Chat dengan kami