Pengurusan Legalitas Bisnis: Tidak Simpel, Tapi Menguntungkan

By May 24, 2018Artikel
Pengurusan-Legalitas-Bisnis-Tidak-Simpel,-Tapi-Menguntungkan

Seperti yang kita tahu, menjalankan bisnis di Indonesia tidak cukup dengan hanya mendirikan badan usaha, namun juga harus memenuhi syarat operasional lainnya. Sayangnya masih banyak pelaku usaha yang enggan untuk mengurus legalitas usaha dengan dalih pengurusannya yang memakan waktu yang lama dan biaya yang cukup banyak. Mereka yang tergolong bisnis baru pasti berpikir hal itu sangat merepotkan. Apakah anda adalah salah satu orang yang berpandangan demikian?

Jangan salah. Legalitas usaha yang anda pandang menyusahkan dan menghabiskan banyak biaya nyatanya merupakan investasi terbesar yang harus dimiliki oleh bisnis yang anda jalankan. Kenapa? Tentu saja karena instansi pemerintahan ataupun pihak swasta yang mengadakan tender atau proyek lebih percaya kepada pelaku usaha yang legalitasnya lengkap.

Nah, legalitas bisnis ternyata sangat mempengaruhi bisnis yang dijalankan lho. Apa saja manfaat memiliki legalitas bisnis? Simak berikut ini:

  1. Legalitas bisnis merupakan sarana perlindungan hukum
  2. Ketika bisnis yang anda jalankan memiliki izin yang lengkap artinya bisnis yang anda jalankan tercatat secara resmi oleh pemerintah. Sehingga anda dapat terhindar dari tindakan penertiban oleh instansi pemerintahan terkait, dengan begitu anda akan merasa nyaman dan aman dalam menjalankan bisnis anda.

  3. Cerminan kepatuhan pelaku bisnis
  4. Dengan memenuhi unsur legalitas menandakan bahwa pengusaha telah mematuhi aturan-aturan hukum yang berlaku. Hal tersebut berimplikasi kepada image bisnis yang anda jalankan. Ketika pelaku bisnis patuh terhadap aturan yang ada tentunya konsumen ataupun investor lebih tertarik dengan bisnis yang anda jalankan

  5. Lebih mudah untuk memperoleh bantuan dana
  6. Dalam merintis bisnis ataupun mengembangkan bisnis umumnya pelaku usaha memerlukan bantuan dana baik dari investor maupun dari bank. Sebagai syarat pengajuan kredit modal usaha disyaratkan adanya ijin usaha. Ketika anda telah melengkapi legalitas bisnis yang anda jalankan, tentunya akan lebih memudahkan anda untuk mendapatkan pinjaman dana atau investasi.

  7. Akses bisnis lebih luas
  8. Apabila anda ingin terjun dalam proyek pengadaan, bukti legalitas bisnis yang dijalankan adalah persyaratan mutlak yang harus anda penuhi. Tidak bisa dipungkiri bahwa instansi pemerintah ataupun pihak swasta yang mengadakan tender lebih memilih pelaku usaha yang memiliki legalitas bisnis yang jelas.

  9. Sebagai prasayarat pengembangan bisnis lintas Negara
  10. Jika anda berkeinginan untuk memperluas pemasaran ke kancah internasional, bukti legalitas bisnis termasuk di dalamnya izin usaha merupakan persyaratan yang wajib anda miliki. Sebab izin usaha merupakan syarat pendukung untuk melaksanakan perdagangan ekspor dan impor.

  11. Sarana promosi
  12. Dengan mengurus izin usaha dan mencatatkan usaha anda di instansi-instansi pemerintah, secara tidak langsung akan membuka peluang anda untuk mempromosikan bisnis yang anda jalankan. Terlebih anda juga dapat mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah.

Ternyata legalitas bisnis sangat berpengaruh terhadap bisnis yang anda jalankan. Tanpa legalitas bisnis, bisnis yang anda jalankan bisa jadi tidak berkembang. Anda tidak mau seperti itu kan?

Apabila anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan bantuan dalam mengurus legalitas usaha yang anda jalankan maupun virtual office di Jakarta Selatan bisa menghubungi Legalo 021 8067 4900 atau di +62 8595 9533 365 dan info@legalo.id.

Atau jika bisnis Anda berdomisili di Surabaya dan sekitarnya silakan hubungi Smart Legal Network Surabaya di +628123635533 atau anda juga dapat mengirim e-mail: konsultansby@smartlegalnetwork.com

Author: Yuanita Auliarahma

Leave a Reply

Chat dengan kami