Lima Teknologi yang Mendukung Virtual Office

By October 16, 2018Artikel
Lima-Teknologi-yang-Mendukung-Virtual-Office

Perkembangan teknologi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kemunculan virtual office. Keberadaan teknologi yang semakin maju mendorong virtual office semakin dibutuhkan dan semakin mudah untuk direalisasikan. Selain tentunya, faktor lain seperti biaya, mobilitas, dan fleksibilitas.

Keeratan virtual office dengan perkembangan teknologi sudah diperkirakan dari jauh-jauh hari. John Markoff di artikel majalah Infoworlds pada tahun 1982 menuliskan bahwa sebuah kantor virtual office dapat dibangun di sekitar komputer personal yang portabel dan jaringan area lokal (Local Area Network; LAN) yang dapat meningkatkan cakrawala bekerja secara dramatis.

Kemudian pada tahun 1983, Jurnalis Chris Kern mencetuskan istilah virtual office pada majalah American Way. Chris Kern berpandangan bahwa dengan kemajuan komputer portabel, maka kemungkinan untuk bekerja ketika di luar kantor menjadi terbuka lebar.

Tentu sekarang hubungan yang erat antara perkembangan teknologi yang pesat dengan keberadaan virtual office menjadi suatu keniscayaan dan semakin lama menjadi semakin erat. Dapat dikatakan bahwa hampir semua layanan yang ditawarkan oleh virtual office tidak akan terwujud jika perkembangan teknologi membuat pelayanan yang bersangkutan dapat ditawarkan oleh penyelenggara virtual office.

Adapun, perkembangan teknologi yang membuat virtual office menjadi berkembang antara lain sebagai berikut:

1. Komputer Pribadi
Kemunculan komputer pribadi pada tahun 1980-an membuat komputer bukan lagi menjadi barang tabu yang dimiliki oleh setiap orang. Lebih dari 30 puluh tahun sekarang, komputer pribadi menjadi lebih tersedia dalam berbagai model dan harga. Komputer yang dimiliki dapat berbentuk komputer desktop, laptop, notebook, atau berbagai bentuk lainnya.

2. Telepon genggam
Kemunculan telepon genggam menjadi solusi bagi orang yang mengingkan akses komunikasi digital secara cepat dan terus bergerak. Tentu, ditambah dengan kemunculan telepon pintar dengan berbagai kemampuannya, semakin memudahkan hidup manusia. Sifat virtual office yang mobiledan fleksibel tentu membuat alat komunikasi yang mobil dan fleksibel. Telepon genggam memenuhi kriteria tersebut.

3. Scanner
Pada awalnya, memindahkan dokumen dari bentuk kertas ke bentuk digital dalam ukuran dan kualitas yang pas bukanlah perkara mudah. Mesin scanner yang ada awalnya sangat mahal. Namun, seiring perkembangan zaman, scanner menjadi semakin murah. Scanner juga terintegrasi dengan alat lain seperti mesin fotokopi dan printer. Bahkan, fungsi scanner sekarang sudah dapat dilakukan aplikasi telepon pintar.

4. Internet
Kemunculan internet tak dapat dipungkiri sebagai aji pamungkas eksistensi virtual office. Segala hal yang dahulu dilakukan secara langsung seperti rapat, konsultasi, studi lapangan dan lain-lain, sekarang dapat dilakukan secara digital atau bisa disubkontrakkan ke pihak lain tanpa khawatir kualitas layanan yang buruk. Internet juga memungkinkan pemberian layanan digital real-time seperti layanan kesekretariatan dan notifikasi yang dahulu butuh kehadiran langsung jika ingin layanan tersebut secara real-time.

5. Aplikasi Komunikasi Digital
Perkembangan teknologi juga melahirkan aplikasi komunikasi digital yang semakin lama semakin canggih. Ketika tahun 1990-an hanya mengenal teknologi email, maka sekarang bermunculan aplikasi komunikasi personal seperti WhatsApp, Telegram, dan Line dan aplikasi kolaborasi kerja seperti Trello. Hal tersebut membuat bekerja di virtual office semakin mudah, bahkan kantor konvensional juga sudah mulai memanfaatkan teknologi yang biasa dipakai di virtual office seperti aplikasi kolaborasi kerja bersama.

Bagaimana LEGALO membantu Anda ?
LEGALO memberikan solusi bagi usaha/bisnis anda, baik Domisili (virtual office) maupun Legalitas usaha. Segera hubungi kami di nomor 021 – 80674900 / 085959533365.
Author: TC – Thareq Akmal Hibatullah

Leave a Reply

Chat dengan kami