KETAHUILAH NILAI BISNIS ANDA?

Salah satu yang sangat menentukan apakah bisnis kita nanti bisa bersaing dan diterima di pasar adalah value bisnis kita.

Anda sedang merencanakan suatu usaha? Atau sedang merintis suatu usaha? Di era persaingan yang sangat ketat ini dibutuhkan suatu strategi yang sangat jitu untuk bisa masuk dan bersaing dalam dunia bisnis.

Salah satu yang sangat menentukan apakah bisnis kita nanti bisa bersaing dan diterima di pasar adalah value bisnis kita. Value bisnis kita adalah kalau bahasa sederhananya adalah nilai dari bisnis kita. Apa sih yang kita tawarkan dari bisnis kita? Seandainya ada produk sama yang kita jual? Lalu nilai apa yang kita tawarkan ke konsumen sehingga konsumen memilih untuk lebih membeli produk kita daripada produk orang lain walaupun harga kita jauh lebih mahal? Nilai lebih apa yang kita tawarkan?

Nah inilah tantangan yang harus kita pecahkan. Bagaimana kita bisa menentukan bisnis yang lain daripada yang lain dan diminati oleh masyarakat dan tidak temporer. Masih ingat kan kita akhir-akhir ini sedang mewabah jajanan khas oleh- oleh suatu daerah yang fenomenal?  Padahal aslinya jajanan itu bukan jajanan khas asli daerah itu. Mau tahu nilai tambah dari jajanan khas yang fenomenal itu? Ya karena konon katanya usaha itu milik seorang artis yang ternama? Brand dari artis itulah nilai tambah dari jajanan khas itu. Yang membuat orang rela antre memesannya. Padahal banyak produk sama yang banyak dijual diluaran dengan rasa mungkin yang enggak kalah enak. Inilah yang dinamakan value /nilai tambah dari bisnis ini. Nilai tambahnya adalah nama tenar artis tersebut.

Nah masalahnya bagaimana jika kita bukan artis? Tidak mungkin kita jualan Brand nama kita yang satu RT saja belum tentu kenal kita. Tidak perlu kuatir nilai usaha itu tidak melulu Brand image. Bahkan Brand atau image itu sendiri bisa jadi merupakan nilai value yang semu. Dalam artian mau menjual nama artis sekaliber Syahrini pun jika mutu barang tidak mengikuti ya hanya akan menjadi bisnis dadakan yang lama- lama akan meredup.

Nah lalu yang seperti apa sih menentukan nilai dari usaha kita ?
Adakan riset kecil kecilan, misalkan kita memutuskan untuk usaha Online. Apa sih nilai tambah yang kita tawarkan? Mengingat banyaknya persaingan yang semakin ketat? Kita tahu orang belanja online itu karena praktis tidak membuang waktu. Value pertama yang kita tawarkan adalah kepercayaan. Sama -sama menjual baju online dengan kualitas sama tapi orang akan lebih nyaman berbelanja kita bila kita mampu memberikan kepercayaan. Ini bisa dipupuk dengan disiplin dalam pengiriman sesuai jadwal yang dijanjikan.

Respons yang cepat, umumnya para pembeli online membutuhkan respons yang cepat kalau kita terlambat biasanya akan menggagalkan mood belanja mereka atau dengan gampang mereka berpindah ke toko online lain karena cukup dengan menggerakkan jari saja. Tidak perlu berputar jalan ke toko- toko. Tidak cukup itu barang yang kita jual juga unik. Misalnya sama-sama menjual baju anak. Tapi produk kita homemade bukan pabrikan. Biasanya lebih diminati. Kenapa? Karena nilai tambah yang ditawarkan. Yakni tidak pasaran dan tidak banyak kembarannya. Itu mengapa produk homemade biasanya tetap laku walaupun harganya lebih mahal.

Jadi ada baiknya sebelum kita memulai bisnis. Tentukan value bisnis Anda. Apa yang membuat bisnis Anda lain daripada yang lain? Dan membuat konsumen pantas untuk membeli produk Anda dibandingkan produk yang sama dari kompetitor lain.

Bagaimana LEGALO membantu Anda ?
LEGALO memberikan solusi bagi usaha/bisnis anda, baik Domisili maupun Legalitas usaha. Segera hubungi kami di Nomor 021 – 80674900 / 085959533365.