Bagaimana Menentukan Badan Usaha Yang Tepat?

By August 25, 2017Artikel
Bagaimana-Menentukan-Badan-Usaha-Yang-Tepat

Mempunyai usaha sendiri adalah mimpi setiap orang. Banyak orang sukses merintis usaha dari nol. Awalnya hanya kecil kecilan lalu berkembang menjadi besar. Nah saat usaha kita mulai membesar. Maka adalah hal yang wajar jika kita mulai berpikir untuk membuat usaha kita lebih profesional dan semakin berkembang dengan didukung oleh legalitas yang sesuai dengan karakter usaha kita.

Nah bagaimanakah cara kita menentukan badan usaha yang tepat sesuai dengan karakter usaha kita? Apa saja yang harus kita pertimbangkan untuk memastikan bentuk badan usaha yang sesuai? Berikut adalah beberapa pertimbangan yang kita bisa kita jadikan sebagai acuan:

  • Mempertimbangkan batas wewenang dan tanggung jawab.
    Jika kita ingin benar- benar memisahkan antara kepentingan, kekayaan pribadi dan tanggung jawab pribadi dalam usaha kita maka bentuk perseroan terbatas adalah bentuk usaha yang cocok dengan karakter usaha kita. Karena tanggung jawab pemilik hanya sebatas modal yang kita tanam. Jika ingin membedakan tanggung jawab menurut keaktifan anggotanya maka firma adalah bentuk badan usaha yang tepat. Atau kita ingin tidak ada pemisahan sama sekali antara pribadi dan perusahaan maka CV adalah bentuk badan usaha yang cocok.
  • Pertimbangan Keuangan
    Memilih bentuk badan usaha  juga berkaitan dengan keuangan yang kita miliki. Jika kemampuan keuangan kita masih terbatas maka CV atau Firma adalah bentuk badan usaha yang pas karena biaya pendirian yang murah dan lebih sederhana persyaratannya. Tapi jika keuangan kita mendukung maka PT adalah badan usaha yang tepat untuk kita pilih karena lebih profesional.
  • Perkembangan Usaha
    Biasanya usaha yang semakin maju membuat tuntutan dari pihak lain untuk membentuk usaha dalam bentuk badan usaha. Misalnya tuntutan  bank berkaitan dengan pendanaan ataupun tuntutan dari instansi pajak.
  • Kemudahan Memperoleh Permodalan
    Pihak Bank maupun Investor biasanya akan lebih percaya memberikan modal kepada usaha yang mempunyai badan usaha karena pertanggungjawaban dan profesionalisme yang jelas.
  • Tuntutan Hukum atau Undang- Undang
    Peraturan atau undang undang-sudah mengatur  suatu usaha harus berbentuk badan usaha tertentu misalnya seperti Bank atau Rumah sakit harus berbentuk PT. Jadi kita juga harus mempelajari Undang-Undang untuk menentukan bentuk badan usaha kita.

Nah kelima pertimbangan diatas bisa dijadikan dasar untuk menentukan badan Usaha yang ingin kita buat. Tentu saja dengan resiko dan tanggung jawab yang berbeda beda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply